Jumat, 20 November 2020

KEMAJUAN VIDEO KAMERA PADA SMARTPHONE DAN MANFAATNYA BAGI PARA PENGGUNA DI ERA INI

 

KEMAJUAN VIDEO KAMERA PADA SMARTPHONE DAN MANFAATNYA BAGI PARA PENGGUNA DI ERA INI

10 Tips Ambil Foto dengan Kamera Smartphone, Hasilnya Bak Fotografer

        Pada saat ini video camera sudah sangat berkembang pesat, ditambah saat ini smartphone sudah di lengkapi dengan video camera. video camera/Kamera video adalah kamera yang digunakan untuk pengambilan gambar bergerak secara elektronik untuk kepentingan produksi televisi siaran atau produksi video. Selain itu, kamera video juga digunakan keamanan, kesehatan, dan lain sebagainya. Berbeda dengan produksi televisi siaran dimana pengambilan gambar ditujukan untuk disiarkan kepada khalayak umum secara luas, produksi video umumnya ditujukan untuk pembuatan program non-siaran. Produksi video umumnya didistribusikan melalui DVD atau secara daring misalnya melalui situs YouTube atau media sosial lainnya. Kini, seiring dengan sejarah perkembangan teknologi komunikasi, berbagai stasiun televisi telah memanfaatkan kehadiran internet sebagai alat komunikasi guna mendistribusikan produksi televisi secara non-siaran atau secara daring.

        Di era ini penggunaan kamera video sangat penting,dalam dunia fotografi. tidak hanya fotografi kamera video juga memegang peran yang penting dalam peyiaran televisi,dan Seorang operator kamera dalam produksi televisi siaran harus memahami berbagai teknik dasar fotografi, macam-macam lensa kamera, macammacam komposisi fotografi, dan lain-lain. Selain itu, operator kamera juga harus mengenali kamera dengan baik agar dapat mengambil gambar dengan baik dan lebih kreatif sehingga dapat berkomunikasi secara visual sehingga komunikasi yang efektif pun dapat tercapai. 

4 JENIS KAMERA SMARTPHONE

1. Kamera makro

Yang pertama adalah kamera makro. Saat ini sudah banyak smartphone memiliki kamera makro.

Sama seperti fungsi lensa makro pada kamera DSLR, kamera smartphone dengan lensa makro milikmu sangat cocok untuk mengambil objek yang berukuran kecil.

Cara maksimal menggunakan kamera makro adalah dengan memotret objek dari jarak dekat supaya mendapatkan detail fokus yang tinggi. Bila rasio makro yang dimiliki adalah 1:1 maka akan menyebabkan besar gambar sama dengan ukuran asli objek.

2. Kamera wide

Sesuai dengan namanya, kamera wide dapat menunjang pengambilan foto dengan jangkauan sudut yang luas. Dalam satu kali jepret, kamera wide dapat menangkap banyak informasi dari sebuah foto.

Jenis foto yang cocok untuk mengambil gambar dengan kamera wide adalah lanskap. Ditambah dengan sense sebagai fotografer, pengambilan gambar dengan kamera wide dapat dilakukan dengan baik sehingga hasil foto lanskap akan lebih apik dan dramatis.

3. Kamera telephoto

Lensa telephoto pada kamera smartphone milikmu dirancang khusus untuk mengambil objek secara detail.

Foto ‘bokeh’ yang berfokus pada objek dengan efek blur pada latar dapat dihasilkan oleh kamera telephoto.

Selain itu, kamera jenis ini juga mempunyai kemampuan yang baik dalam mengambil foto dari jarak jauh.

Teknologi zoom dengan kamera telephoto dapat menangkap foto jarak jauh yang menghasilkan perspektif alami tanpa distorsi.

4. Kamera ultrawide

Kamera ini adalah versi lain dari kamera wide. Ya, ultrawide dapat menangkap gambar dengan jangkauan yang lebih luas dibanding wide.

Kamera ultrawide dengan spesifikasi megapiksel tinggi akan menghasilkan foto dengan jarak lebih luas dan gambar yang tajam.

Penggunaan kamera ultrawide sangat cocok untuk mengambil gambar pemandangan seperti pantai dan gunung atau foto banyak orang dalam satu kali jepret.

 

MANFAAT


    Pertama kita bisa menghasilhan pundi uang dengan smartphone seperti menjadi youtuber,vloger,dan lain-lain.lalu kita juga bisa membuat sebuah tutorial yang dapad dengan mudah dipahami karena dengan kamera video  kita dapat mengarah kan dengan baik apa saja tahapan yang harus dilakukan,

mengingaManfaat Mempelajari Jenis-jenis Kamera Video

     Mempelajari jenis-jenis kamera video dapat memberikan t berbagai prospek kerja ilmu komunikasi yang luas, salah satunya bidang manajemen media atau perfilman. Adapun manfaat mempelajari jenis-jenis kamera video diantaranya adalah kita dapat mengetahui dan memahami berbagai jenis kamera video beserta peruntukannya dalam berbagai bidang kehidupan. Demikianlah ulasan singkat tentang jenis-jenis kamera video yang digunakan dalam produksi video maupun produksi televisi siaran. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang kamera video terkait dengan jenis dan peruntukannya dalam praktek di bidang penyiaran dan non-penyiaran.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar