Senin, 09 November 2020

PERKEMBANGAN MUSIK DIGITAL DAN PENGARUHNYA KEPADA GENERASI MUDA

 

PERKEMBANGAN MUSIK DIGITAL DAN PENGARUHNYA KEPADA GENERASI MUDA

 

PERKEMBANGAN MUSIK DIGITAL

Apa hobi Anda? Sebagian besar orang menjadikan musik sebagai hobi yang paling diminati. Hal ini terlihat dari berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan mendengarkan musik. Selain dapat menghilangkan stres, mendengarkan atau bermain musik juga terbukti dapat meningkatkan kreativitas dan mood seseorang. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mendengarkan musik sambil beraktivitas, seperti saat sedang berkendara, ataupun sambil membaca buku sesaat sebelum tidur. Musik menjadi sesuatu hal yang tidak terlepas dari kehidupan seseorang, begitu pun juga dengan teknologi.

Musik adalah sebuah cabang seni berupa irama, melodi juga vokal yang berperan sebagai penuang perasaan dari penciptanya. Dengan berbagai jenis genre musik dimainkan.

Era perkembangan teknologi ternyata juga mempengaruhi dunia industri musik. Dengan adanya kemajuan era digital saat ini, Anda tidak perlu lagi kerepotan mendengarkan musik dimanapun dan kapanpun. Secara langsung, kecanggihan teknologi tersebut juga semakin memudahkan Anda untuk mengunduh lagu yang diinginkan dan mendengarkannya secara bebas.  

Perubahan industri musik dari musik analog menjadi musik digital ternyata tidak hanya mempengaruhi para penikmat musik, tetapi juga para tim produksi musik itu sendiri. Musik yang semula hanya bisa diproduksi secara manual dengan menggunakan berbagai peralatan musik seperti drum, gitar, dan keyboard, kini bisa dibuat melalui software komputer. Kualitas musik pun semakin meningkat dengan adanya banyaknya fitur pada software yang bahkan bisa menambahkan beberapa efek tertentu yang semakin membuat musik enak didengar.

Kini siapa saja memiliki peluang untuk membuat musik. Anda bisa menggunakan bermacam-macam aplikasi pendukung yang dapat digunakan untuk memproduksi musik seperti Garage Band, Logic Pro, Ardour, dan lain sebagainya. Adobe Audition juga menjadi salah satu aplikasi unggul yang dapat Anda gunakan untuk mengedit dan menggabungkan musik. Berbagai aplikasi ini tidak hanya dapat membantu Anda dalam memproduksi musik, tetapi juga dapat mengubah suara menjadi lebih jernih dan bagus.

Salah satu platform musik ternama di Indonesia, Spotify, terbukti berhasil meraih 200 juta pengguna setiap bulannya. Hal ini semakin membuktikan bahwa masyarakat Indonesia saat ini memiliki minat yang tinggi untuk meggunakan teknologi baru dalam mendengarkan musik. Bagaimana tidak, sekarang Anda bisa mendengarkan bermacam-macam musik dari seluruh penjuru dunia dan berbagai genre hanya di dalam satu aplikasi platform streaming.

Meski terdapat perbedaan yang signifikan antara masyarakat desa dan kota di Indonesia, namun pada dasarnya setiap orang memiliki akses pada sebuah perpustakaan musik digital yang dapat dinikmati oleh siapapun. Indonesia merupakan negara dengan tingkat penetrasi internet yang besar. Melalui data ini, dapat diasumsikan bahwa teknologi-teknologi baru dapat diadopsi oleh siapapun di seluruh negeri. Setiap orang tidak lagi harus bergantung pada media massa seperti TV dan radio untuk mendengarkan musik baru. Alih-alih, kita memiliki pilihan dan dapat menyelam lebih jauh ke dalam sebuah katalog besar dengan teknologi digital.

PENGARUH MUSIK DIGITAL KEPADA GENERASI MUDA

1. Fungsi musik untuk mengungkapkan emosi

Bagi seseorang, musik dapat berperan menjadi salah satu media untuk mengungkap perasaan atau emosinya.

2. Fungsi musik sebagai sarana komunikasi

Fungsi musik selanjutnya adalah berperan sebagai sarana komunikasi dalam hubungan sosial bermasyarakat. Musik merupakan bahasa universal yang mampu menciptakan perdamaian, solidaritas kemanusiaan, serta dapat memadukan adanya perbedaan-perbedaan. Hal ini akan dapat mendukung terciptanya suatu media komunikasi di antara sesama manusia. Musik telah menjadi bahasa pergaulan serta media komunikasi dalam kehidupan manusia, meskipun mereka berasal dari bangsa yang berbeda-beda. Musik merupakan media komunikasi yang bisa lebih mudah dipahami, meskipun kamu tidak memahami bahasa dari musik yang kamu dengarkan. Contoh nyata yang bisa kamu dapatkan dari fungsi musik sebagai media komunikasi adalah musik mampu mewakili perasaan yang ingin kamu sampaikan kepada orang lain, misalnya ungkapan rasa rindu, rasa cinta, rasa kecewa, dan lain sebagainya.

 3. Mengurangi tekanan darah

Mengurangi tekanan darah merupakan salah satu fungsi musik. Dengan mendengarkan musik yang lembut setiap pagi dan malam, orang-orang dengan tekanan darah tinggi bisa mengontrol dirinya untuk menurunkan tekanan darahnya. Menurut penelitian yang disebutkan dalam acara pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans, mendengarkan musik klasik selama 30 menit dan musik Celtic setiap hari bisa mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan.

4. Bikin berenergi

Selain bisa mendengar suara merdu musisi favoritmu, tanpa disadari mendengarkan musik ternyata bisa membantu meningkatkan energi secara instan lho. Untuk mendapatkan fungsi musik ini genre musik yang cocok didengarkan adalah pop atau techno. Dentuman bass yang menonjol bisa membuat lebih berenergi. Musik jenis ini bakal membuatmu lebih bertenaga dan bergerak lebih cepat. Jadi, jika butuh tambahan energi secara instan ketika sedang bekerja, tak ada salahnya mendengarkan musik.

5. Meningkatkan konsentrasi

Fungsi musik selanjutnya adalah sebagai saran untuk meningkatkan konsentrasi. Para peneliti menjelaskan bahwa setiap jenis musik tertentu bisa meningkatkan emosi positif yang bisa menstimulasi otak untuk meningkatkan konsentrasi.

6. Memperjelas memori

Mendengarkan musik ternyata bisa memperjelas memori. Dilansir dari University Health News, saraf-saraf otak menjadi lebih aktif saat kamu mendengarkan musik. Sinyal listrik tersebut secara bersamaan dapat merangsang hubungan antara kedua sisi otak, yakni otak kiri dan kanan serta mengaktifkan area otak yang terkait dengan proses emosional, kognitif, dan memori. Jadi, fungsi musik yang dilakukan ketika sedang belajar adalah bisa meningkatkan kemampuan fungsi kognitif otak. 

7. Meningkatkan produksi dopamin agar bahagia

Mendengarkan musik favorit ternyata dapat meningkatkan produksi hormon dopamin lho. Hormon ini berperan dalam pusat kenikmatan otak. Dengan meningkatnya kadar dopamin, moodmu juga jadi ikut meningkat. Itu sebabnya segala macam gejala badmood yang menyertaimu saat belajar atau bekerja dapat mereda selama kamu mendengarkan musik. Jadi, fungsi musik bisa membuat orang merasa tenang dan bahagia.

8. Mengurangi stres

Fungsi musik secara umum lainnya adalah dapat memperbaiki suasana hati.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar